pinjaman online
Pengajuan Pinjaman

Pentingnya Melakukan Pinjaman Online Melalui Lembaga yang Sudah Terdaftar OJK

 

Bagi yang belum tahu, pada dasarnya OJK (Otoritas Jasa Keungan) merupakan sebuah lembaga yang bertugas dalam mengawasi dan mengatur keseluruhan kegiatan yang terjadi di dalam sektor jasa keuangan, seperti sektor perbankan, pasar modal, hingga sektor keuangan non-bank seperti asuransi, dana pensiun dan lembaga jasa keuangan lainnya termasuk lembaga pinjaman online.

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini, jumlah dari pengguna internet itu sendiri pun juga semakin meningkat secara signifikan. Dikarenakan berbagai bentuk kebutuhan sudah dapat ditemukan dengan mudahnya melalui internet, masyarakat yang memanfaatkannya untuk melakukan pinjaman online pun juga semakin banyak.

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa munculnya lembaga pinjaman online sangat membantu sekali bagi orang-orang yang membutuhkan dana darurat tetapi tidak memiliki uang yang cukup. Hanya saja, dengan maraknya pengguna internet saat ini membuat penggunaan internet itu sendiri menjadi tidak terkontrol dan bebas, sehingga apa yang terdapat di dalam internet menjadi tidak sepenuhnya dapat dipercaya atau legal.

Inilah salah satu alasan mengapa kehadiran OJK itu sangat penting di sektor keuangan, seperti lembaga pinjaman online. Setiap lembaga yang sudah terdaftar OJK sudah pasti legal, terpercaya dan resmi. Hal tersebut dikarenakan, walaupun bergerak secara independen, namun OJK itu sendiri merupakan bagian dari negara yang sudah bekerja sama dengan Satgas Waspada Investasi dan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) dalam mengawasi berbagai bentuk aktivitas perbankan yang akan meminimalisir adanya penipuan atau kerugian yang dialami oleh customer.

Apalagi untuk lembaga pinjaman online yang sebagian besar nasabahnya menggunakan pelayanannya untuk melakukan transaksi dalam jumlah besar. Sebagai customer, penting bagi anda untuk mencari tahu terlebih dahulu mengenai apakah lembaga pinjaman online yang akan anda gunakan sudah terdaftar di OJK atau belum. Namun, jika anda tetap bersikeras untuk menggunakan layanan pinjaman online yang tidak terdaftar di OJK, tidak menutup kemungkinan hal-hal tidak menyenangkan akan terjadi.

Risiko-risiko yang kemungkinan akan terjadi bila menggunakan layanan pinjaman online yang belum terdaftar di OJK

1. Terjerat rentenir online

Mungkin saja anda memutuskan untuk menggunakan layanan pinjaman online dikarenakan malas dengan banyaknya persyaratan yang diajukan oleh bank. Namun yang perlu anda ketahui ialah bahwa sebenarnya persyaratan yang diajukan oleh bank tersebut bukan tanpa alasan lho.

Bank meminta begitu banyak persyaratan untuk dijadikan sebagai bahan analisa dan evaluasi mengenai apakah anda memiliki kesanggupan dalam membayar. Mungkin menggunakan lembaga pinjaman online sangatlah mudah dan cepat, tetapi bila suatu hari anda memiliki kendala dan tidak sanggup untuk membayar tagihan, maka siap-siap saja untuk terbebani dengan suku bunga yang semakin membesar. Semakin besar suku bunga, maka semakin besar pula tagihan yang harus anda bayar.

2. Laporan pembayaran hutang yang tidak transparan

Ketika anda melakukan pinjaman online, maka anda akan mendapatkan cicilan tagihan yang harus anda bayar per bulannya. Tetapi sering kali tagihan tersebut datang tanpa adanya transparansi hitungan dari hutang mu.

Banyak debitur yang cenderung malas ribet dan lebih mementingkan bayar cicilan dibandingkan jumlahnya sehingga terkadang sering kali terjadi yang namanya miskalkulasi, dan hal tersebut dapat memberikan dampak keuntungan maupun kerugian, baik bagi anda yang membayar hutang maupun bagi debitur itu sendiri.

3. Penyalahgunaan Data Pribadi

Jika anda melakukan pinjaman melalui bank, maka sudah bisa dipastikan keamanan rahasia dari data pribadi anda. Namun bila anda melakukan pinjaman melalui lembaga online, maka bisa saja data pribadi anda disalahgunakan, dan biasanya data pribadi tersebut ialah seperti emergency contact yang anda cantumkan.

Biasanya ketika anda tengah menunggak hutang, maka kontak darurat inilah yang di ‘terror’. Selain itu, data pribadi juga tidak terjamin keamanannya dan bisa saja dijual atau disalahgunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum.

Ketika suatu lembaga pinjaman online tidak terdaftar di OJK, maka dapat dikatakan bahwa lembaga tersebut berdiri sendiri tanpa dilandasi oleh apapun sehingga hal-hal tidak menyenangkan bisa saja terjadi tanpa adanya pengawasan dari pihak yang berwenang.

Berbeda dengan lembaga yang sudah terdaftar OJK, yang ketika mereka melakukan sesuatu yang melanggar hukum, maka lembaga tersebut jelas akan mendapatkan konsekuensi, seperti pemblokiran situs dan sebagainya. Selain itu, ketika anda mengalami hal tidak menyenangkan yang bersangkutan dengan lembaga pinjaman online yang telah terdaftar OJK, maka anda bisa memberikan laporan langsung kepada pihak berwajib, dan inilah pentingnya mencari tahu mengenai apakah lembaga pinjaman tersebut sudah terdaftar OJK atau belum.

Anda masih bingung menemukan lembaga pinjaman online yang sudah terdaftar OJK? di CekAja.com saja. CekAja.com merupakan sebuah portal layanan informasi terpercaya yang dapat membantu masyarakat dalam membuat keputusan finansial yang cerdas. Selain itu, CekAja.com juga memiliki layanan pinjaman online yang dapat menjadi salah satu solusi bagi anda yang tengah membutuhkan dana darurat yang cepat cair.

Selain sudah terdaftar oleh OJK, CekAja.com juga memiliki prosedur peminjaman yang sangat cepat dengan suku bunga yang rendah. Solusi yang sangat tepat bagi anda dalam menangani permasalahan finansial.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi saja https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *