bisnis katering pernikahan jadi peluang bisnis menjanjikan
pinjaman

Menguntungkan, Ini Kiat-Kiat Sukses Jalankan Bisnis Katering Untuk Pernikahan

Bisnis pernikahan memang menjadi salah satu bisnis yang bisa dibilang tak ada matinya. Terlebih, orang-orang yang berencana akan menikah, pasti akan menggunakan jasa dari bisnis pernikahan, termasuk bisnis katering untuk pernikahan. Terlebih, bisnis katering terbukti memiliki banyak peminat dan pastinya dibutuhkan, apalagi untuk mengadakan acara-acara besar seperti pernikahan.

Khusus pesta pernikahan, bisnis katering memang menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menguntungkan dan menjanjikan, baik di kota maupun di kota-kota besar. Tidak hanya itu, bisnis katering pernikahan juga bisa dilakukan oleh siapa saja, dari kalangan mana saja, baik itu ibu rumah tangga, karyawan, bahkan yang tidak mempunyai keahlian memasak sekalipun.

Namun, dengan menjamurnya bisnis katering pernikahan, membua Anda memiliki banyak pesaing, yang membuat Anda harus lebih meningkatkan segalanya agar bisa selalu menjadi yang terbaik. Meski akan ada banyak hambatan dan tingkat kesulitan pun juga akan semakin bertumbuh menjadi lebih tinggi.

Nah untuk tetap bisa bertahan di tengah ketatnya persaingan bisnis katering pernikahan di Indonesia, ada baiknya Anda persiapkan secara baik-baik, dan buat bisnis katering Anda lebih unggul daripada yang lainnya. Bagaimana caranya? Berikut kiat-kiat suksesnya:

1. Punya modal awal yang mencukupi

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah tentukan jenis bisnis katering yang akan dibuat lalu memperhitungkan modal. Buat perincian mulai dari tempat, biaya listrik, karyawan, bahan baku harian, bahan baku penunjang operasioanl, pajak, biaya izin usaha, dan biaya-biaya lainnya.

Tidak lupa juga untuk membuat buku besar yang berisi modal awal, pengeluaran, pendapatan harian. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa mengestimasikan kapan Anda bisa balik modal. Selain itu, Anda juga perlu membuat pembagian tugas yang pasti dan pembagian hasil usaha, untuk menghindari dari masalah dikemudian hari.

Anda juga bisa mengajukan pinjaman dari bank sebagai modal usaha. Selain di bank, Anda juga bisa melakukan pinjaman secara online, yang saat ini sudah banyak situs-situs pinjaman online yang legal dan aman.

Baca Juga: Milenial Anti Boros, Tips Pintar Kelola Uang THR

2. Belajar dari orang yang mempunyai pengalaman sebelumnya

Sebelum Anda berniat membangun bisnis katering khususnya untuk pernikahan, ada baiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu ke orang yang lebih ahli atau orang yang sudah mempunyai pengalaman. Sempatkan diri Anda untuk belajar banyak mengenai modal, materi dan keuangan. Atau jika Anda memang tidak memiliki kerabat yang ahli dan berpengalaman di bidang tersebut, Anda juga bisa belajar dengan cara mengikuti seminar-seminar atau pelatihan yang sering diadakan. Atau bila perlu Anda mencoba ikut bergabung atau bekerja di tempat bisnis katering, agar Anda tahu mengenai ilmu bisnis katering.

Tidak hanya sekadar bertanya dan berkonsultasi, namun dipastikan Anda juga harus memahami sistem dalam menjalankan usaha, seperti mengelola modal, mengatur karyawan, memasarkan produk, menjaga pelanggan, dan lain-lain. Tidak lupa Anda juga harus memiliki jiwa-jiwa pekerja keras, disiplin, telaten, dan tekun dalam menjalani usaha agara tetap lancar.

3. Lakukan identifikasi produk dan riset pasar

Dalam menjalani usaha apapun, baik untuk melakukan identifikasi produk dan riset pasar untuk mengetahui jenis produk yang akan dijual. Jika dalam bisnis katering pernikahan, berarti Anda harus mengidentifikasi makanan dan minuman yang saat ini sedang diminati orang. Selain itu, Anda juga harus melakukan riset untuk melihat target market Anda, terlebih saat ini menu makanan sudah mulai banyak bermunculan menu baru. Sehingga Anda harus tetap menentukan target yang tepat.

Anda juga harus mempunyai menu andalan, atau paling tidak memiliki menu khas tersendiri. Tidak lupa juga untuk meminta pendapat soal rasa makanan kepada orang-orang terdekat.

4. Jangan lupa promosi

Sebesar atau sekecil apapun usaha Anda, melakukan promosi merupakan hal yang penting. Dengan cara mempromosikan usaha katering pernikahan Anda, bisa menjadikan bisnis Anda terlihat dan dikenal banyak orang orang.

Ada banyak cara untuk melakukan promosi usaha Anda. Mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk berpromosi, atau membuat website sendiri agar produk Anda bisa dilihat banyak orang dengan detil.

Membangun bisnis katering pernikahan, memang tidak semudah yang kita bayangkan. Karena dalam usaha katering terdapat banyak hal yang perlu diperhatikan, seperti rasa, bentuk, cara masak, hingga lama waktu makanan bisa bertahan. Nah untuk kalian yang juga nggak mau kalah dalam membangun bisnis, berikut ada beberapa ide bisnis pernikahan menarik selain katering, yang bisa dijadikan pilihan alternatif untuk membangun bisnis. Apa saja? Anda bisa baca di artikel berikut ini: https://www.cekaja.com/info/ide-bisnis-pernikahan-yang-simpel-dan-banyak-untung/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *