Mengetahui Skor Kredit Anda
Info & Tips Info dan Tips

Inilah Cara Untuk Mengetahui Skor Kredit Anda

Mengetahui skor kredit Anda sebelum mengajukan permohonan kredit itu sangat krusial. Sebab, skor itulah yang menentukan apakah Anda layak mendapatkan pinjaman dari kreditur atau tidak. Kreditur akan menggunakan skor kredit untuk menganalisis kelayakan serta kemampuan Anda dalam menjalankan program kredit yang ditawarkan. Hal itu dilakukan untuk menghindari masalah kredit, seperti kredit macet yang tentu akan merugikan pihak kreditur.

Apa Itu Skor Kredit?

Sebenarnya, apa, sih, yang dimaksud dengan skor kredit? Skor kredit, penilaian kredit, atau sering juga dikenal dengan BI Checking, adalah indikator kelayakan debitur (individu maupun badan usaha) dalam urusan kredit dilihat dari historis atau riwayat kreditnya. Segala macam jenis aktivitas kredit yang melibatkan peran lembaga di dalamnya akan berpengaruh pada skor kredit Anda, seperti kartu kredit, Kredit Pemilikan Rumah (KPR), Kredit Tanpa Agunan (KTA), dan lain-lain.

Dulu, Anda bisa mengecek skor kredit atau BI Checking secara online. Namun, setelah wewenangnya berpindah dari Bank Indonesia (BI) ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anda hanya bisa mencari tahu skor kredit Anda secara offline dengan cara mendatangi kantor OJK terdekat. Meskipun hanya bisa diakses secara offline, informasi yang bisa Anda dapatkan lebih lengkap dalam sistem informasi debitur baru yang diberi nama Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK).

Bagaimana Cara Ceknya?

Caranya pun cukup mudah. Pertama, cari tahu kantor OJK terdekat yang memiliki layanan gerai info SLIK. Informasi kantor-kantor yang menyediakan layanan tersebut dapat dilihat secara online di www.ojk.go.id atau menghubungi call center 1-500-655. Setelah menentukan kantor mana yang akan Anda kunjungi, Anda bisa datang dengan membawa berkas yang diminta.

Berkas yang harus dibawa untuk meminta informasi debitur perseorangan (individu) adalah identitas diri; KTP untuk WNI atau paspor untuk WNA. Sertakan juga fotokopinya untuk diserahkan ke petugas. Kemudian, untuk debitur badan usaha, Anda harus turut menyertakan lampiran asli dan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), akta pendirian perusahaan, dan perubahan anggaran dasar terakhir.

Setelah itu, petugas akan melakukan pengecekan terhadap berkas yang Anda bawa. Data tersebut akan dicocokkan dengan data terkait yang terdaftar dalam SLIK. Setelah dikonfirmasi, hasil informasi debitur akan diserahkan dalam bentuk dokumen cetak. Anda hanya perlu menandatangani tanda terima yang diberikan petugas sebelum mengambil dokumen tersebut.

Mudah, kan, cara untuk mengetahui skor kredit Anda? Sekarang, tinggal cari tahu bagaimana cara menjaga serta meningkatkan skor kredit Anda. Semakin tinggi dan baik reputasi Anda, semakin besar pula kepercayaan yang akan Anda dapatkan dari kreditur. Dengan begitu, kreditur bisa saja memberikan pinjaman sesuai jumlah yang Anda ajukan dengan bunga yang relatif.

Supaya tidak salah langkah dalam mengatur skor kredit, Anda bisa belajar lebih banyak seputar skor kredit di https://www.cekaja.com/info/skor-kredit/. Mulai dari informasi umum sampai tips dan trik untuk menjaga skor kredit semua bisa Anda lihat di Cekaja.com!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *