ilustrasi pinjaman dana tunai tanpa jaminan
Pinjaman Tanpa Jaminan

Butuh Uang Mendesak? Ini Cara Pinjam Dana Hanya Dengan Jaminan KTP

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Pinjaman Dana Jaminan

Membutuhkan dana dalam waktu yang cepat untuk kebutuhan mendesak tanpa memiliki barang yang bisa dijaminkan pasti membuat siapapun bingung. Banyak lembaga keuangan yang mau memberikan pinjaman dana tunai cepat tanpa jaminan berupa barang berharga yang dijaminkan sebagai salah satu syarat utamanya.

Lalu bagaimana caranya bisa mendapatkan dana tanpa harus memberikan barang berharga sebagai jaminan? Nah sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa lembaga keuangan yang bisa menyediakan dana pinjaman hanya dengan jaminan KTP saja. Dengan adanya hal ini membuat masyarakat memiliki solusi cepat saat membutuhkan dana dengan cepat tanpa jaminan dan dengan prosedur yang cepat pula.

Walaupun demikian, jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk melakukan pinjaman jika tidak dalam keadaan mendesak. Jika salah dalam mengambil keputusan, bisa-bisa Anda akan terbelit masalah hutang piutang. Untuk itu sebaiknya perhatikan hal berikut di bawah ini sebelum mengajukan pinjaman dana dengan jaminan KTP:

 

  • Tujuan Meminjam Dana

 

Pasti ada alasan dibalik pinjaman dana tersebut. Pastikan tujuan utama pinjaman dana tersebut memang untuk hal yang sangat mendesak. Misalnya untuk keperluan menambah modal usaha, pendaftaran sekolah anak, biaya rumah sakit atau keperluan mendesak yang lain. Gunakanlah uang tersebut dengan bijak. Jangan sampai uang yang Anda pinjam dipakai untuk membayar atau membeli sesuatu yang tidak penting.

Baca Juga: Tips Mengajukan Pinjaman Dana di Bank BRI

 

  • Punya Sumber Penghasilan yang Jelas

 

Melakukan pinjaman dana jaminan hanya dengan modal KTP tentu sangat menggiurkan. Tapi jangan sembarangan meminjam jika tidak punya penghasilan tetap yang jelas. Jika nekat melakukan pinjaman dana tapi tidak bisa membayar angsurannya, hal ini hanya berakibat pada bertambahnya beban masalah. Anda akan memiliki kewajiban membayar pinjaman dengan bunga dan ditambah lagi dengan denda jika ada keterlambatan pembayaran. Tentu Anda tidak menginginkan hal ini terjadi pada Anda, bukan?

 

  • Pilih Jangka Waktu Pinjaman

 

Ketika memutuskan untuk melakukan pinjaman dana dengan modal KTP, pilih jangka waktu pembayaran yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki. Hitung pendapatan dan pengeluaran Anda dengan tepat dan tentukan berapa jumlah pembayaran angsuran yang sanggup Anda bayar.

Jika merasa mampu membayar angsuran dengan jumlah besar dan dalam waktu yang singkat, hal ini justru lebih baik dibandingkan dengan saat membayar angsuran dengan jangka waktu yang lama. Walaupun nilai angsuran dalam satu periode terlihat kecil, jika di total secara keseluruhan akan muncul nilai yang besar. Karena semakin lama jangka waktu pelunasan maka bunga yang dibebankan kepada Anda juga akan semakin besar.

 

  • Pastikan Jumlah Dana yang Akan Dipinjam

 

Sebelum melakukan pinjaman, hitung secara tepat berapa jumlah dana yang Anda butuhkan. Jangan sampai saat dana tersebut sudah cair, ternyata masih belum cukup untuk membayar kebutuhan mendesak yang harus Anda bayar.

 

  • Pilih Lembaga Keuangan yang Jelas

 

Saat ini banyak yang menawarkan pencairan dana dengan jaminan KTP yang tidak jelas asal usulnya. Pastikan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu mengenai suku bunga dan angsuran yang ditawarkan. Bandingkan dengan suku bunga jika melakukan pinjaman dana kepada bank atau lembaga keuangan yang lain.

Jenis Barang yang Bisa Dibuat Sebagai Jaminan

Pada saat membutuhkan dana untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak, melakukan pinjaman dengan jaminan merupakan salah satu alternatif yang paling memungkinkan untuk dipilih. Selain KTP, ada beberapa harta benda yang bisa digunakan sebagai jaminan. Barang tersebut adalah sebagai berikut:

 

  • Rumah

 

Harta pertama yang bisa digunakan sebagai jaminan adalah rumah. Masyarakat jarang mengajukan pinjaman dana dengan jaminan rumah kecuali saat membutuhkan dana pinjaman yang sangat besar. Misalnya saja untuk digunakan sebagai modal usaha.

 

  • Kendaraan Bermotor

 

Harta selanjutnya yang bisa digunakan sebagai jaminan adalah kendaraan bermotor milik Anda. Baik itu motor ataupun mobil. Ada beberapa syarat yang akan diajukan oleh pihak penyedia dana, diantaranya adalah usia kendaraan sepeda motor yang tidak melebihi 5 tahun terakhir dan merk kendaraan yang diakui oleh masyarakat umum. Sedangkan untuk mobil, usia produksinya tidak lebih dari 10 tahun.

Sebagai syarat untuk melakukan pinjaman, surat kelengkapan kendaraan seperti STNK, BPKB dan faktur pembelian harus dibawa pada saat akan mengajukan pinjaman dana. Hal ini dimaksudkan agar pihak penyedia dana bisa melakukan pengecekan terhadap kendaraan yang akan digunakan sebagai jaminan.

 

  • Barang Elektronika

 

Jika Anda memiliki barang elektronik yang masih mempunyai nilai jual, bisa dijadikan sebagai jaminan untuk melakukan pinjaman dana. Misalnya saja kulkas, radio, televisi, laptop atau smartphone yang kondisinya masih bagus. Walaupun demikian, ada beberapa barang dengan kondisi tertentu yang tidak bisa dijadikan jaminan karena nilai jualnya yang turun. Misalnya saja Blackberry, microwave dan TV tabung.

 

  • Perhiasan Emas

 

Jika Anda memiliki perhiasan emas batangan, gelang, kalung atau cincin bisa Anda gunakan sebagai jaminan. Begitu juga jika memiliki perhiasan berlian bisa digunakan untuk jaminan pinjaman. Jangan lupa bawa surat bukti pembelian perhiasan tersebut saat akan mengajukan pinjaman dana.

Ada berbagai cara untuk bisa mendapatkan pinjaman dana dalam waktu yang singkat. Saat butuh uang mendesak, cara pinjaman dana jaminan KTP yang ada di Cekaja.com, bisa menjadi salah satu jalan keluar yang paling cepat dan aman. Jika bingung akan memilih lembaga keuangan mana, yang paling aman dan prosesnya tidak berbelit-belit, klik saja https://www.cekaja.com/kredit Anda bisa memilih metode pinjaman yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *